Berita Dan Peristiwa ,Politik Dana Mbojo

Selasa, 05 Maret 2024

Lembaran Al-Qur’an Abad Ke-17 Asal India Diberikan ke NTB




Mataram, INFO DANA MBOJO – Lembaran Al-Qur’an pada abad ke-17 yang berasal dari India diberikan ke NTB. Hari ini, Selasa, 5 Maret 2024, lembaran Al-Qur’an tersebut diserahterimakan kepada Museum Negeri NTB oleh pemiliknya, Michael Abbott yang merupakan seorang kolektor seni.

Al-Qur’an tulis tangan itu pertama kali ditemukan di Pulau Jawa oleh Michael Abbott dan kemudian dihibahkan ke Museum Negeri NTB.


Sebagai informasi, Michael Abbott merupakan seorang kolektor terkenal di Australia yang banyak sekali menghibahkan benda-benda seni ke museum di Australia. Dirinya pun tertarik untuk menyerahkan koleksi lembaran Al-Qur’an abad ke-17 ini kepada Museum Negeri NTB.

Penyerahan hibah lembaran Al-Qur’an tersebut langsung diserahkan oleh Emeritus Kurator Museum and Art Gallery of the Northern Territory, James Bennett kepada Kepala Museum Negeri NTB, Ahmad Nuralam, S.H., M.H.

Alam -sapaan Kepala Museum Negeri NTB itu- menyampaikan, rasa terima kasih kepada Michael Abbott karena sudah mempercayai Museum Negeri NTB untuk menyimpan benda tersebut.

“Kami sangat apresiasi, artinya kolektor luar negeri mempercayai kita,” tutur Alam.

Ia mengatakan, bahwa dengan adanya hibah dari kolektor luar negeri kepada Museum Negeri NTB dapat menjadi aspirasi bagi masyarakat untuk menghibahkan koleksi benda-benda seni yang disimpan secara pribadi.

“Mudah-mudahan ini menjadi aspirasi bagi masyarakat NTB untuk mau menghibahkan koleksinya kepada Museum Negeri NTB,” harap Alam.

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More